Powered By Blogger

Jumat, 07 Januari 2011

Nasionalisme 2 X 45 Menit


Baru-baru ini aja masyarakat Indonesia terkena demam sepak bola lewat piala AFF SUZUKI CUP 2010. Bermula dari acara bergengsi setiap 2 tahun sekali ini lah nama Timnas muncul meruah bak batu ponari jatuh dari langit (?).

Dari tanggal 1-29 desember 2010 sejak piala AFF dilangsungkan, antusiasme masyarakat di Indonesia bersatu padu menyerukan Indonesia. Bahkan lagu berbau penyemangat seperti Garuda di Dadaku – Netral, Bendera – Coklat, atau bahkan Dari Mata sang Biduawan, eh salah . Dari mata sang Garuda maksutnya milik Pee Wee Gaskins ini sering kita dengar di tv sebagai lagi yang diputar setiap kali ada cuplikan atau berita tentang Timnas pada pertangdingan piala AFF.

Puncaknya, setelah Indonesia berhasil mengalahkan phipipina 1-0  di semifinal, Timnas dihadapkan dengan Malaysia, mantang Negara serumpun. Singkat cerita, Indonesia kalah telak 3-0 atas Malaysia saat bertanding di Bukit Jalil, Malaysia. Kekalahan ini pun dipicu banyak factor seperti,  isengnya supporter mALAYsia memainkan laser, terlebih laser diarahkan kepada Markus Horison, Kipper Timnas. Agar konsentrasinya buyar belum lagi adanya petasan yang sempat mengganggu hingga pertandingan dihentikan beberapa menit yang tentu aja ngerugi-in ke dua belah kubu terlebih Indonesia, baru belakangan ini juga gue di kasih tau mami gue, kalo lapangan bukit jalil udah dikasih sebuk-sebuk gatal, wah kampret bener ini mah Malaysia broo ( yang ini mah bukan iseng, tapi emang niat curang -__-)













Tuh kan kampung kan mainan leser 

Setelah berita kecurangan supporter Malaysia merebah luas, dukungan demi dukungan pun di lontarkan masyarakat Indonesia bahkan dunia, untuk Timnas Indonesia. Pernah nih gue lagi online, terus buka TimeLine, ada salah satu Tweet yang ngalihin perhatian gue. Begini contoh tweetnya :
Philpipyounghusband @Timnas Indonesia Ayoo Indonesia, kalian pasti bisa. Kami semua mendukungmu ( Bahasa udah gue translate ke Indonesia ), kurang lebih gitu dah. Philp Younghusband, pemain Philipina yang sempet di kalahkan Indonesia, tidak segan-segan memberi dukungan untuk Timnas Indonesia

Kekalahan Indonesia di Leg pertama juga bikin timeline sampe home di facobook rame naujubilah kayak paser malem. Dari laga-laga Timnas Indonesia sebelumnya, munculah nama-nama yang lumayan berpotensi bikin cewek-cewek berangan-angan, seperti Irfan Bachdim , Christian Gonzales , Okto Maniani, Yongki , dll . Terlebih lagi Irfan Bachdim , putra Indonesia asal Belanda ini nih jago banget nyihir cewek-cewek . Sebagai Contoh, temen gue aja nih tetangga gue juga sih, Putri . Putri demen banget sama Irfan Bachdim, di twitternya isinya Bachdim semua, BBM-an ngebahas Irfan Bachdim mulu. Sampe-sampe Koleksi foto sama wallpaper Blackberry-nya juga Irfan Bachdim.  Kalo Irfan Bachdim ketauan pacaran sama gue, langsung jantungnya mencret kali ya tuh si putri ? haha












Mmmh mamamia lezatos 















satu-satu aku sayang ibu ....



Pertandingan final Leg ke dua di GBK senayan tanggal 29 Desember kemaren pun jadi satu momen yang menurut gue oke banget. Walaupun Indonesia menang tapi belum berhasil jadi juara, antusiasme masyarakat Indonesia patut diacungi jempol. Gimana enggak, beribu-ribu orang dari politikus, pejabat, artis sampe warga biasa ngebaur jadi satu. Rame-rame nyanyi-in lagu garuda di dadaku demi menyemangati Timnas.

Rasa nasionalisme juga sangat terlihat disana, semua orang ngebaur sama-sama buat ngedukung Timnas. Enggak ada perbedaan ras,suku, dll yang sering kita liat di sekitar kita. Dan dengan bangga gue akuin, salah satu kegiatan yang bisa menumbuhkan rasa kebersamaan dan nasionalisme Indonesia, hanya bisa kita lihat pada saat pertandingan-pertandinga sepak bola. Acara 17 agustus aja yang istilahnya jadi acara besar Indonesia, belum tentu bisa mempersatukan masyarakat Indoneisa dengan berbagai suku dan ras. Waaaaaaw bangga gue jadi warga Negara Indonesia, dan bangga gue ga sampe disini aja. Gue banggan karna supporter Indonesia bisa memperlihatkan sportifitas dan ketertibannya yang diperihatkan supporter Indonesia pada saat final Leg ke 2 di Jakarta. Ya walaupun gue tau, supporter Indonesia gedek banget sama Malaysia, tapi mereka ga ngikutin cara kampung supporter Malaysia untuk kemenangan. Ini udah menjadi nilai plus buat Indonesia dimata dunia . Like it ?

Intinya bisa dibilang Indonesia kalah secara Terhormat, dan Malaysia menang secara Haram dan Menjijikan. So, sekali lagi lewat sepak bola lah rasa nasionalisme Indonesia jelas terlihat, walau hanya 2 x 45 menit. Yup, Bravo sepakbola and Go Indonesia

















Kharisma kh ☻

Tidak ada komentar:

Posting Komentar