Powered By Blogger

Sabtu, 01 Januari 2011

Kuntilanak


*dimuat di kolom Endnote majalah Bukune Edisi III, diadaptasi untuk blog

Gue takut sama Kuntilanak. Sama kutil aja takut, gimana Kuntilanak. Namun, hal ini berubah sewaktu gue nonton ‘film horor’

Abis nonton ‘film horor’ gue berfikir, gimana kalau kita selama ini salah sangka? Gimana kalau sebenernya kuntilanak itu ketawa-ketawa emang karena dia hantu yang emang demen ketawa, bukan niatnya nakutin. Lebih jauh lagi, gimana kalo sebenernya Gonderuwo yang keribo itu, sebenernya cuman makhluk halus kelebihan lemak yang gak pernah sisiran? Kenapa kita harus menganggap mereka menakutkan, padahal siapa tahu mereka baik. Kayak Casper, tapi jauh lebih buruk rupa. Sayangnya, film Indonesia selalu mendoktrin para penonton dengan menampilkan hantu sebagai sosok yang menakutkan.

Mungkin, hantu-hantu itu sebenernya udah bikin film tentang manusia. Siapa tahu di alam lain sana, di bioskop-bioskop hantu, untuk menyaingi film Tusuk Jalangkung: Datang Tak di Jemput Pulang Tak di Antar yang manusia buat, para hantu ikutan membuat film bertema manusia yang tak kalah serem: Satpam: Kadang Kumisan, Kadang Botak.

Satu hal lagi yang mengganggu: kenapa ya film hantu Indonesia selalu identik dengan wujud yang serem? Kapan kita bisa membuat film yang penuh surprising twist kayak The Others, hantu yang romantis seperti di Ghost, cerita serem yang cerdas seperti The Ring. Hmph, pokoknya film yang engga cuman ngandelin make up serem dan orang-orang lari jerit-jerit. Udah cukup capek gue nontonin film hantu Indonesia, yang kayaknya cuman bisa digambarkan dengan: jerit-hantu nongol-pulang. Pocong 3? Sundel Bolong? Ah, udah gak napsu.

Kapan ya kita punya film hantu yang bener-bener mantep?
Mungkin, hanya hantu yang tahu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar